Acuan Anda bilang shutdown-nya lama, apa ya?
Contoh: PC dekstop saya, AMD Duron 800 + SDRAM 512 kalo shutdown XP
memang lama, tidak bisa dibandingkan dengan P-!V 2,6 GHz + DDR 512.
Dan itu "emang dari sononya". Kalau mau cepet, either ganti hardware
atau ganti OS.

Maintenance:
1. Jangan terlalu banyak install aplikasi, terutama aplikasi "sampah"
yang nantinya cuma bikin penuh registry
2. Cek registry dan kontent hardisk (free space, defragmentasi, dll)
secara teratur
3. Update AV dan patch secara teratur
4. dll