Seringkali orang terburu buru mengambil langkah reparasi, dalam kasus
ini winxp. banyak yang menganggap OS crash/restart mulu/gak bisa
booting/blue screen tidak ada pilihan lain pasti fdisk -> format ->
install ulang beres.. iya kalo gak ada datanya kalo ada bagaimana? apa
microsoft menyarankan begitu? apa gak ada langkah sebelum mengarah
kesana?

saya sering ada kasus winxp crash/selalu restart/disk tidak ditemukan.
itu semua bukan lantas hardisk nya yang corrupt tapi bisa saja hanya
karena didalam systemnya ada 1 file yang hilang.

yang paling sederhana dan yang sering saya lakukan dan terbukti sangat
ampuh hanya dengan masuk ke console via cd winxp bootable/jika sudah
menginstall recovery console dan hanya ketikkan chkdsk /r dari prompt
semua langsung kembali seperti semula :D kenapa yah ?? saya gak bisa
jawab detail karena tidak certified di microsoft tapi saya pernah
nemuin artikel bahwa itu adalah langkah pertama kali recovery system..
dan memang saya akui itu ampuh :D

kalo memang sudah gak bisa diselamatkan dan butuh revovery data
secepatnya memang getdataback cukup membantu tapi saya pernah ada
problem ketika recovery file gambar dan ada dokumen yang gak bisa di
selamatkan.. oleh karena itu sebelum gegabah bertindak sebaiknya
pelajari kasus nya terlebih dahulu apakah ada message error dan
sebagainya, apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan OS terlebih
dahulu (otomatis data akan terselamatkan bukan?)

sebelum itu semua terjadi memang harus disadari bahwa backup itu
memang penting bahkan hukumnya wajib :D.

semoga barokah
--
:: pArMin ::