AS Firmansyah wrote:

> Untuk Setting 1 :
> Kalok server exchange-nya ngga dibuka port 110 gimana? Soalnya setahu

Not my problem, dia tanya, saya jawab sesuai pertanyaan, karena dia
tidak bilang port 110 nya ditutup atau tidak jadi jawaban saya seperti
itu ... trash in trash out ;)

> saya dikantorku untuk bisa gunain fasilitas mail dengan sistem exchange
> kita harus join domain dulu dan jarang pake pop serpti dikantorku.

Well ... mudah-mudahan bisa jadi pertimbangan buat yang tanya.

FYI saya sendiri tidak pernah pake Exchange, dia menyebut *server yg
tersedia ...*, jadi asumsi saya mail-mail di spool di exchange server
tsb, yang saya tulis diatas itu adalah cara generic (koneksi ke port
110) yang biasanya jadi solusi utk setiap mail server, kalau harus join
domain dulu, yg berarti harus setting samba di Mandrake Linux  ... so be
it, hehehe.

--
rumy