On Monday, June 20, 2005, 1:30:36 PM, Alex Man wrote:

> tapi jangan terlalu merendahkan para programmer gitu larrr...kan di
> sini forumnya orang IT kebanyakan.

anda keliru, saya gak merendahkan mereka-mereka yang berstatus
programmer, saya pun bagian dari mereka dan pernah juga membuat
aplikasi-aplikasi semacam itu. yang saya utarakan lebih pada penekanan
bahwa untuk tipikal software seperti ini, ada aspek-aspek lain yang
perlu diperhatikan.

jadi gak asal bikin, karena dirasa gampang terus langsung buat,
kemudian karena belum memahami konteks akuntansi yang sesungguhnya,
pada akhirnya (salah satu kasus) memaksakan untuk menggabungkan
perancangannya dengan kaidah-kaidah normalisasi dalam RDBMS yang
(normal dalam tipikal aplikasi lain, tapi berlebihan untuk tipikal
software akuntansi) justru pada akhirnya membuat sisi historis
transaksi, dan pada akhirnya akuntabilitasnya menjadi rusak.

-Jaimy Azle
|| Personal Weblogs: http://jaim.log.web.id ||
|| Personal Delphi Weblogs: http://delphi.log.web.id ||
* Pengantar Pemrograman Database C/S, Delphi dan Firebird
    http://delphi.log.web.id/blogs/delphi/000152.html

“You make a lot of money by moving from number two to number one.”
      -- Larry Ellison, CEO Oracle Corp.