kalo mau yg legal2 dan licenses sih :

dengan Microsoft - ISA Server  (pernah aku pake di kantor lama) -
Licensesnya terlalu mahal kayaknya nih, terutama jika pemakaianya hanya
untuk small / medium business.
Pernah juga pake under Linux - Squid Proxy - (pernah dipake dikantor lama)
ya mayan, tapi harus rajin2 uprek2...krn command line kan..

dan sekarang di kantorku : pake Kerio Winroute Firewall + Mcafee Antivirus
for Kerio (integrated) + Orange Web Filtering....
Sangat2 ampuh kok....harga terjangkau, dan sudah oke-lah....

kalo winroute gak pakai orange filtering, juga oke, tapi memang harus manual
blocking atas site2 yg tergolong 'illegal'....kalo ada orange filtering,
berarti kita punya database site2 yg 'illegal', dan databasenya sll
terupdate kok...

kalo komplit kerio-nya, maka featurenya 'sama' dengan ISA SERVER....dengan
ketentuan isa harus diinstall antivirus juga sih..krn defaultnya kan belum
ada antivirusnya...
baca aja : www.isaserver.org or www.kerio.com

smoga membantu

Rgds,