Just share pengelaman aja masalah perpetiran,

Kebetulan kantorku berada di daerah yg kata orang sarangnya petir
soalnya di ketinggian setiap musin ujan pasti aja perangkat modem atau
PABX jebol. Aku udah coba hampir semua perangkat anti petir buat line
telepon yang di rekomendasi ama vendor pabx salah satunya APC ini. Saat
pake APC ini sekitar 2 kali musim ujan sehat wal afiat eh ternyata pas
musim ke 3 beberapa port pabx jebol lagi, jadi aku simpulkan produk ini
kayaknya bukan untuk long time. Akhirnya aku coba akal-akalin kabel telp
sebelum masuk pabx masuk dulu kerangkaian elektronik yg aku rakit
sendiri dengan prinsip kerja kayak sikring listrik. Jadi aku pasang fuse
0,1 mA beserta lampu led buat indikator fuse-nya putus apa ngga. Eh
coba-cobaku ini udah 2 th ini kok sukses juga, cuman ya gitu
sering-sering cek list fuse ada yg putus apa ngga? Soalny kalok fuse ada
yg putus berarti si line telp ngga konek. Selain harga pembuatan dan
maintanane-nya muarh banget, aku bikin buat 24 SST cuman habis 350 rebu
dan stok fuse Rp. 500,- / fuse.

Rangkainanya simple banget yaitu : Kebel input -> Fuse -> Ressitor (3
KOhm) -> Led -> Kabel Output. Cuman ati-ati dalam cros kabel telp-nya
soalnya ternyata 2 kabel telp itu antara input dan output harus di cross.

Salam
-asf-

pbgabsi wrote:

>Kenapa gak line nya aja yg dipasang anti petir sebelum masuk PABX.
>Kira2 4 line cuma 150 ribuan pakai produk APC
>
>--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Ade CSI

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com