On 7/1/05, Ryo Saeba <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> kalau mengacu ke opensource.org, bisa jadi anda benar. tapi "open
> source" model microsoft windows di cina? itu "open source", tapi
> karena sudah dipatenkan, mereka tidak gratis. yang memiliki source
> code windows tapi tidak berhak, maka itu jadi tidal legal juga
> (ilegal). makanya ada usulan istilah FOSS (free open source software)
> dan FLOSS (free/libre open source software).

Terus terang saya baru tau bahwa MS Windows di Cina "dibuka source
codenya" [maklum kuper]. Kalo baca posting Anda, berarti Windows di
Cina itu _bukan_ open source dong, 'kan klausul opensource [yg ada di
www dot opensource dot org] tidak terpenuhi.

Saya punya ilustrasi seperti ini [ini beneran lho]:
Negara kita mau beli roket dari Cina, lalu salah satu perjanjiannya
adalah bahwa roket tsb boleh dibongkar oleh pihak Indonesia, namun
tanpa bimbingan sama sekali dari Cina. Sebab Cina juga nggak mau
transfer teknologi roketnya ke kita, makanya kita sendiri yg pelajari.

Nah, sepertinya Cina berhasil "memaksa" Bill Gates u/ buka source code
Windows, tapi nggak boleh dimacem-2x-in. Dengan begitu saja, menurut
saya Cina sudah dpt mempelajari isi Windows ;-)

--
slamet

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com