On 7/4/05, Slamet E. Kasmiyanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kalo belum tentu bebas, bisa kasih clue ttg yg nggak bebasnya di
> bagian apa /dimana? Begitu juga ttg dependensinya?

contoh, coba anda google apa namanya java trap. intinya, orang banyak
melakukan programming di java, tapi ternyata library java yang baru
dari Sun itu adalah proprietary milik Sun, dan bahkan implementasi
dari library terbaru tersebut dilindungi sebagai trade secret. jadi,
orang yang sudah susah payah membuat program dalam java harus
berhati-hati, apakah dia menggunakan runtime environment proprietary
dari Sun atau yang open source macam GNU Classpath. kalau dia telanjur
membuatnya dalam environment proprietary punya Sun, walaupun
source-nya adalah open source, namun ternyata dia tergantung pada
environment proprietary punyanya Sun, dan gak bisa jalan di
implementasi Java yang lain. ini yang disebut sebagai java trap.

btw, anda sempat bilang open source itu pasti legal dan pasti gratis.
sekarang coba anda lihat apa itu star office 7. apakah menurut anda
itu masuk open source? kalau ya, kenapa kita harus bayar untuk
mendapatkannya?

> Nah, ini yg bikin saya tambah bingung Bang, di kalimat pertama Anda
> menyamaratakan [ini persepsi saya] "source code yg dibuka" dengan
> istilah / frase "open source", padahal di paragraf awal di atas Anda
> sudah bilang :
> "anda cuma ngomong istilah......bla..bla..bla"
> Kok nalar saya yg lemot ini menganggap ini bertolak belakang ya? Mohon
> pencerahannya..

mail saya yang paling awal sudah menyebutkan adanya perdebatan tentang
istilah open source. terbukti anda sendiri terjebak dengan menyatakan
open source pasti gratis dan pasti legal, padahal dalam kenyataannya,
ada aplikasi open source macam Star Office 7 yang tidak gratis.

--
I solemnly swear that I'm up to no good
http://data.startrek.or.id

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com