At 20:39 13/07/2005, you wrote:

>Apakah dengan menggunakan open source mengorbankan produktifitas kerja? SOL

Sepertinya bukan itu maksudnya :)
klo dari sisi saya,
Mpu Gondrong bilang, " Ngapain migrasi ke OS lain, tapi efornya bisa
mengorbankan produktifitas (waktu dan biaya)"
ato dalam kasus, misalnya bulan sekarang sedang ngejar deadline, trus
karena "harus pindah" ke OS lain
semua orang di perusahaan itu harus belajar untuk beradaptasi dgn OS baru,
padahal di sisi lain mungkin harus ngejar deadline project
sehingga ada kemungkinan jadwal project molor,
dari situ sepertinya terlihat jika produktifitas menurun, padahal mungkin
jika  mengorbankan $1000
keuntungan yg didapat bisa lebih :)
CMIIW
hal ini memang relatif sekali tergantung perusahaan dan managemennya
intinya gak semudah itu pindah ke Opensource :)

Masih inget gak jaman "Y2K " kasus Bank-bank yang besar yang menggunakan
Cobol masih bertahan dengan memperbaiki cobolnya
karena biaya develop ulang/migrasi ke appl lain lebih mahal di banding
dengan memperbaiki Cobol
Hal yang sama terjadi di perusahaan garment, banyak kok yang masih
menggunakan clipper summer 87
CA clipper, foxpro. :)

>- Cygnus -

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com