Jumat, 15/07/2005 10:19:13, Teguh menulis:

TR> Rata-rata S1 freshgrad di Indonesia dibayar kira-kira setara $200 (estimasi
TR> kasar).  Bukan mengecilkan fungsi MsO, tapi kebanyakan pekerjaan kantoran
TR> tidaklah 100% bergantung dengan MsO. Banyak alternatif lain yang

Begini, misalnya S1 baru masuk dibayar $200 sedangkan harga MS Office
adalah $400, toh itu hanya 2x gaji bukan? Anggap itu investasi untuk
bbrp tahun ke depan. Bila dgn MsO tsb bisa dihasilkan laporan,
presentasi, perhitungan, dst, yg ciamik seharga ribuan dolar, apa
ruginya? Mosok maunya modal 0 dapetnya tak terhingga, mana bisa?

TR> Ada kesenjangan disini, kita membayar MsO dengan harga yang sama dengan
TR> orang-orang di US, tetapi bayarannya jauh lebih rendah. IMHO, ini harus

Ya, inilah nasib anak kost eh pekerja TI di Indonesia. Presiden SBY
khan sudah minta keringanan biaya, entah hasilnya apa. Kalo bicara
ideal, saya juga maunya gaji US dgn memakai s/w Open Source.

TR> Salah satu sisi positif penegakan HAKI, menghilangkan kebiasaan kita yang
TR> suka menginstall semua software begitu saja ke PC kita, buat apa seorang

Ini saya setuju. Penegakan HAKI harus terus berlanjut, hikmahnya baik
untuk kebayakan, termasuk buat penggagas Open Source spt IGOS.

TR> Balik ke topik, dibanding negara lain, IGOS masih terlalu "baru",
TR> kita baru mulai ketika India merilis paket CD OSS berbahasa Hindi.

Barangkali orang kita lebih senang debat kusir tidak jelas, padahal
bisanya hanya './configure; make install' doank.

Tertanda,
Oguds [36856104]

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com