At 11:52 20/07/2005, you wrote:
>IMHO:
>aku lihat dari fungsinya, WinXP Pro pun mampu kok
>gak perlu server asal saving filenya gantian karena Windows
>client maksimal 10 akses simultan. kalau mau simultan >10
>harus pakai OS Server.

Klo sebatas file sharing  win95 juga bisa :)
tapi jika butuh authentifikasi ? space management,
RAID sepertinya gak sanggup kan ?

>jenis fungsionalnya itu kan sebegai File&Print Server
>tentunya akan di "betot" dari banyak client dengan traffic
>yang tinggi, jangan gunakan harddisk IDE standar
>setidaknya gunakan SATA atau SCSI biar cepet

Klo baca saran sebelumnya, kita harus memperkirakan dulu
Seperti apa jenis data dan pola baca-tulisnya
Setahu saya sih beda perlakuan file text/doc di bandingkan dengan file
database :)

>dan didukung pakai "gigabit ethernet" agar maksimal
>in/out-nya sampai 1000Mbps.

Imho,
soalnya belum pernah coba pake switch gigabit,
emang seberapa cepat jika server kita pake gigabit trus di sambungkan
dengan switch gigabit trus terkoneksi ke client 100 Mbps ?
sebab saya liat sih ada botle neck antara SRV - SW GB - SW - Client 100 Mbps ?

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com