Saya setuju Bahasa Inggris dan S1 memang perlu,
selain ijazah jg perlu lingkungan dan pergaulannya  .

Masalah terlalu cepat/tidak memperkenalkan pengetahuan,
saya ada pengalaman yg mungkin bisa dishare
oleh ayah maupun calon ayah.
Pertama dikenalkan code program,
setelah sebulan ternyata catatannya ada ditumpukan koran
yg mau di loak. Ya saya ambil dan taruh di meja.
Pelan2 kalau nggak ada acaranya dgn teman2,
baru diberi contoh lagi.
Belajar C butuh 1.5 tahun.
Dari situ pelan2 dia jadi pd, tempat bertanya,
kalau ada game teman yg nggak bisa di-install.
Misal bisa jelaskan graphic card mana yg bisa utk SIM2.

Setelah berjalan 2 thn, baru kelihatan interested.
Kalau discuss mulai ada feedback.
Intinya mulai lancarlah.
Namun teori yg bth math yang belum diajarkan,
ya dilewati.
Misalnya perkalian vector dibahas,
tapi matrix hanya 2x2.
(Ini ada di kurikulum sma kls 1.)

Tiap generasi memang berbeda zamannya.
Saat sekarang yg kuat adalah pengaruh iklan.
Kegiatan anak remaja(putri), ya bonding rambut,
ke ultah teman dan mall.
Belum lagi AFI yg bisa langsung success.
Terlalu sering pasti ada pengaruh.
Jadi belajar ini perlu negosiasi waktu luang yg ada.
Tiap anak memang berbeda sifatnya, perlu hati2.

Saat ini saya lagi agak bingung,
meneruskan dengan C++ dgn anim grafik rasanya terlalu berat.
juga ada keraguan masalah future jobs( pernah baca di forum diskusi
IGDA,
seperti di-singapore masih sulit dapat jobs,
karena bidang ini dikuasai top 20 company?
seperti SEGA, EA ).
Sedang ke masalah yg related dgn database,
startnya kembali ke VB rasanya lebih cocok utk anak sma.
Bukan anti linux, tapi help dan auto-completion
dari compiler yg jalan di linux masih repot
untuk pemakai home pc.Dan anak remaja maunya cepat ada hasil.

Salam,
STO

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, The_Eye_In_The_Sky
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Untuk SMA, keinginan anda terlalu cepat memaksakan dia untuk
memilih
> suatu profesi tertentu. Biarkan saja dia belajar apa yang dia mau
dulu,
> sekedar pengenalan akan apa yang mungkin dia suka atau dia benci.
>
> Tugas anda adalah mempersiapkan pendidikan anda dengan merancang
> pembiayaan, moral support dan experience sharing. Tapi jangan lupa
> ajarkan bahasa Ingrris sebagai salah satu pelajaran utama, karena
dengan
> kemampuan English speaking, terbukalah pengetahuan selebar dunia,
> [...]

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com