ikutan nimbrung dong..

based on pengalaman, sejak windows NT 4.0 dulu RAID
sudah bisa dilakukan secara software based, saat itu
saya hanya coba raid 1 aja, (gak tau kalo raid 0 atau
5).

Kelemahan dari RAID secara software ini (OS based)
jika OS nya rusak, maka RAIDnya juga ikutan problem.
Misalkan RAID 1, ke dua disk nya udah masing2 identik
dan mengalami problem, tahu sendiri lah gimana
jadinya. kita harus install ulang dan create raidnya
lagi.

sedangkan untuk kecepatannya, tergantung dari SCSI
controller nya, jadi kalau scsi controllernya sudah
U320, maka speednya bisa mencapai 320MB/s (saat ini)
(tapi perlu diketahui bahwa SCSI untuk bandwidth nya
di share, jadi kalau 1 disk speednya bisa mencapai
320MB/s, jika 2 disk atau seterusnya speednya menjadi
turun)

Memang RAID secara hardware lebih cepat dan lebih baik
dibanding secara software, karena:
1. RAID Adapternya memiliki cache sendiri, tentunya
hal ini mempercepat proses akses data ke HD nya.
2. Jika RAID adapter nya rusak, kita bisa ganti dengan
RAID adapter yang baru tanpa takut kehilangan
configurasi RAID nya, krn config RAID nya sendiri
tersimpan di HD nya (compare kalau RAID secara
software mengalami problem RAIDnya)

Kekurangnya hanya lah ada additional cost yang tentu
saja lebih mahal dibanding dengan SCSI controller
biasa.

Satu hal lagi yang penting dalam penggunaan RAID
adalah adanya fasilitas Hot Swap / Hot Plug, dimana
penggantian HD nya bisa dilakukan saat system masih
nyala.

Jadi kalau menggunakan RAID tanpa Hot Swap/Hot plug,
rasanya masih kurang, krn tanpa itu, server masih
tetap harus dimatikan untuk penggantian HD yang rusak.
Hal ini berlaku untuk RAID secara Hardware maupun
software.

rgds,
herry

http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi/p7c4603.ht