On 7/23/05, tokodistro.com <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Dibuka sih bisa saja, tapi katanya ruang cakram HD itu kedap udara lho
> (kebenarannya saya juga belum tahu, mungkin ada yg ngerti hardware
> bisa konfirmasi ?),menurut saya sih benar karena saya pernah bongkar,
> setelah dibuka antara dinding rumah HD tersebut dilapisi semacam bahan
> seperti kain tapi tidak tembus udara. Kalau benar, sekali dibuka

itu tidak benar. yang benar udaranya harus steril, tapi tidak kedap
udara, yang anda lihat mungkin semacam filter agar debu tidak bisa
masuk, tapi udara tetap bisa keluar masuk agar bisa "bernafas", dalam
artian tekanan udara di dalam  dan di luar harddisk bisa etap sama.

kenapa tidak kedap udara? karena udara dibutuhkan supaya head harddisk
bisa "melayang" di atas permukaan cakram akibat "air bearing". kalau
tidak ada udara, ya tidak akan bisa muncul air bearing, dan head
harddisk akan crash di permukaan cakram.

bacaan selanjutnya:
http://en.wikipedia.org/wiki/Harddrive
http://en.wikipedia.org/wiki/Air_bearing

--
I solemnly swear that I'm up to no good
http://data.startrek.or.id

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com