Thanks atas penjelasannya, tapi koq ngga nyambung dengan pertanyaan inti?
yaitu kenapa kapasitasnya selalu ganjil?  dan hubungannya kapasitas ganjil
dengan penjelasan bung syiwa apa?

Rgds

HD

                      "syiwabhairawa"

                      <[EMAIL PROTECTED]         To:
ITCENTER@yahoogroups.com
                      hoo.com.sg>               cc:

                      Sent by:                  Subject: [ITCENTER] Re: About
SCSI Drive Capacity
                      [EMAIL PROTECTED]

                      ups.com

                      27/07/2005 12:35

                      Please respond to

                      ITCENTER

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> Dear all,
>
> kira2 ada yg bisa nerangin gak ato alasan apa yg membuat Harddisk
SCSI itu
> kapasitasnya koq ganjil2 (misal : 9GB, 17GB, 36GB, 73GB, dst)? ngga
spt ATA
> or SATA yg genap2 (misal : 20GB, 40GB, 80GB, dst)  apa karena teknologi
> SCSI itu ngga bisa bikin genap ato bagemana? ato itu karena teknik
> pemasaran aja yg dibuat unik spt itu? maksudnya jadi laen daripd yg laen
> gitu, udah guglink tapi ngga ada jawaban yg bs dimengerti n ga
nyambung dgn
> yg saya cari. Ya hanya itu sih pertanyaannya, is there somebody can
explain
> it? please...

Kebanyakan hard disk SCSI (dan FCAL) adalah premium HD, dimana dibuat
dengan kualitas dan teknologi yang lebih tinggi daripada disk IDE.
Oleh karena itu biasanya mereka dibentuk dari piringan yang
density-nya lebih rendah, tapi dengan jumlah plater dan jumlah head
yang lebih banyak daripada disk IDE.

Dengan plater dan head lebih banyak, seek time akan berkurang.
Dan dengan plater yang densitasnya lebih rendah, dia akan lebih kebal
perubahan fisik karena panas sehingga thermal calibration lebih
jarang, atau plater bisa diputar di RPM yang lebih tinggi