--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Bambang Iswahyudi <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Saya pernah mengalami hal tsb...diatas...
> ternyata yg rusak (bad file) adalah harddisk nya ..(harddisk pada os
nya)
> setelah di ganti dg hdd backup...masalah nya hilang...
>
> tetapi hdd yg rusak tadi setelah di periksa tdk ada yg rusak...hanya
> bad file system (corrupt)...

Curious, pakai apa tuh file system anda? Kalau NTFS di Win2K and above
mestinya sudah pakai journaling yah, jadi tinggal replay journal,
corruption bisa diatasi (tapi ya itu, most of the time).

Ini cuman numpang thread saja, tapi rule of thumb yg mungkin bisa
diikuti kalao mau pasang server :
1. Pisahkan hard disk antara data dengan OS
2. Pisahkan partisi antara OS dengan swap, buat swap dedicated ke
partisi tertentu.
3. Gunakan file system yang punya kemampuan journaling, seperti NTFS,
ext3fs, ReiserFS, XFS, UFS, VxFS.
4. Untuk *nix system, cukup mudah diadakan pemisahan antara /, /var,
/usr. /opt dsb. Berdasarkan nature dari servernya, pemisahan file
system diantara mereka mungkin bisa digunakan. Kalau Windows mungkin
agak susah. Di bawah Program Files bisa jadi tidak hanya read only,
bisa jadi heavy read-write juga.