At 22:03 09/08/2005, you wrote:
>thanks... pencerahannya.. pak ginanjar,
>hampir az salah presepsi antara indoor n outdoor :)
>maklum newbie...!

Heheh .. No. Problem Pak, Saya juga dulu gitu  suka salah persepsi  heheh

>klo menurut pak ginanjar solusinya gimana permasalahan saya, supaya
>efisien dan praktis?

saya copy kan dulu problem Pak Handoko :
-----
On 8/8/05, Handoko <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
 > ikut nimbrung tanya..? sebab aq juga pny masalah yang sama...!!
 > saya pnya AP 3com 11g ketika saya baca manualnya radiusnya hanya <=100m
 > padahal jarak kantor a dengan b 400m u/ itu diperlukan 4 ap agar kantor a
 > dan b bisa komunikasi (masih dalam rencana perombakan) tapi saya sdh beli 1
 > ap + 2 card wifi sebagai sarana percobaan.
----
btw itu AP 3Cm nya seri apa yah ? sebab 3Com 11g itu banyak serinya
coba saja perhatikan bag antenanya, bisa di lepas tidak ?
jika di lepas berarti bisa di sambung ke antena outdoor , jadi munkin
tinggal beli 1 AP lagi

Tapi saran saya sih gunakan AP untuk Outdoor :)
3COm ada seri Wireless Building to Building Bridge 3CRWE91096A, katanya
bisa sampai 1.5 Km
harganya lumayan sekitar  6 jt-an/unit jadi harus menyediakan 2 unit

Jika dana terbatas, gunakan seri Indoor. yang pernah saya gunakan :
Senao seri : SL-2611CB3 (1.6 jt) dan Orinoco (tipenya lupa)
ini bisa sampai 1 Km juga
cuman, jika beli seri indoor kita harus beli Box yg harganya antara 100 -
500 rb
trus POE (Power Over Ethernet)  supaya jika AP kita di simpan di atas tower
power/adaptornya bisa di simpan di bawah saja

----
 > yang mo saya tanyakan adakan penguat AP agar dapat diterima dari radius
 > <=500m...?
-----

untuk sampai 500m sih sepertinya banyak AP yang tidak perlu penguat
tapi jika memang power AP nya kecil, mungkin bisa di tambah Amplifier

walaupun banyak praktisi Wireless Network tidak menyarankan hal ini :)

>sedikit tambahan u/ mengetahui indoor/outdoornya AP lihat dimananya ya..?

Dari kardusnya, disitu suka di sebutkan kok untuk outdoor ato indoor :)

Tapi jika dari sisi bentuk, AP untuk outdoor itu di design kedap air, dan
bahannya lebih kaku dan keras
di setiap konektor ada sealed karet untuk menahan supaya air tidak masuk
utuk indoor sebaliknya :)