--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Betul. Asus P4V8X-X pake VIA P4X533 north dan VIA VT8237
southbridge, RAID 0
> dan RAID 1. Tapi please jgn suruh ganti mobo ya :-) Krn ini juga
manfaatin
> yg ada :-(

Wah ini yang pakai chipset Silicon Image yah? CMIIW
Kalo iya ini termasuk FRAID, ciri khasnya biar di enable, hard disk
tetap kelihatan semuanya satu per satu dari OS

> Ya. pada saat install, kedua hd udah nampak. Cuma saya nggak ngerti
> konfigurasi RAID-nya. Maklum biasa di 'jendela' sih.
> Sekarang-pun os udah up. Seluruh hardware ke-detect bagus. Ya itu tadi,
> tinggal gimana setting raid-nya. Ada nggak yg settingnya dlm GUI?
> TIA.

Wah yang di anda nampaknya memanbg FRAID, terbukti dari kedua hard
disk nampak sebagai blok device terpisah. KAlau yang pure hardware
RAID, keduanya hanya akan kelihatan sebagai satu device.
Untuk ini anda harus pakai LVM, alias software RAID dari Linux.
Mungkin anda bisa Google pakai keyword Linux+LVM+RAID 1?

Saya sendiri belum pernah coba ini, dan sekarang lagi somewhere di
Cambodia, mungkin Senin ini saya bisa bantu Google anda dan membahas
page mana yang tepat untuk jadi contoh. Kalo soal GUI, mestinya waktu
install sudah nongol yah, soalnya saya juga pakai LVM tapi sekedar
untuk membuat soft partition di single disk waktu install. Tapi saya
belum tahu memunculkan GUI tersebut lagi untuk configure post-install