On Fri, 2005-08-19 at 06:18 +0000, Rita K Dewi wrote:
> cable modem bisa dipake utk tiga computer gak sih? gmn caranya?saya
> udh punya cable modem "motorola", ethernet, hub 8 port, cable crossing.

Cara paling mudah, beli hardware NAT router. Harga murah kok, cuman
sekitar RP 400 ribu mungkin. Itu sudah lengkap dengan 4 switch port,
jadi hub 8 port anda bisa tidak digunakan.

Mungkin ada orang lain yang menyarakankan salah satu komputer dijadikan
NAT router, misalkan ICS di WinXP, tapi ini saya tidak begitu semangat
menggunakannya karena komputer tersebut harus menyala ketika komputer
lain mau konek ke Internet juga. Selain itu fungsi komputer yang
digunakan sebagai "server" merangkap day-to-day dekstop, biasanya lebih
buruk keterandalannya.