iseng aja,

ehm, jarang ada pertanyaan sekitar mesin mahal di milis ini ;)
AS/400 gak bisa buka 'shared folder' a'la Windoez ya ? hehe

sekedar pendapat ngawur, belum pernah ngoperasiin AS/400. klo gak
salah, AS/400 itu os nya kan agak agak 'unix' gak sih (bukan totally
unix sih), pertanyaan pertama, apakah AS/400 support NFS ?  NFS kan
protocol 'tua', udah mateng, *mungkin* AS/400 support)

masalahnya, buka NFS dari client yang besar kemungkinan Windows kan
gak terlalu asik kali buat end user. klo di linux kan ada Samba yang
mirip shared folder windows, sayang nya gak yakin ada Samba di AS/400 :(

gimana kalau gini: data nya jgn di simpan di AS/400, tapi di linux
box. Linux Box nya export folder tsb sebagai NFS shared, dan AS/400
nya tinggal mount.

trus Linux juga open folder tsb di Samba, jadi end user tinggal copy
paste ke folder shared di linux box itu sebagai 'end user model'
Winblows shared folder.

kali ya.. kalau mau data nya beneran di keep di AS/400, ya bikin
'cron' di AS/400 copy dari direktori NFS yang di import dari Linux ke
real storage doi sendiri. lebih aman mungkin, jadi end uset tidak
perlu ngobok ngobok AS/400 yang biasanya buat nyimpen data data
puenting buanget (kan mesin mahal :)

tri

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Ardianto Surya Nugraha"