hi all friend.
Sekarang saya sudah pindah kerja, di tempat lama saya ada sebuah server
dengan active directory, webserver, mail server, dan memiliki 2 NIC
satu ke modemADSL satu lagi ke switch/hub. Pada modem ADSL ada IP WAN dan IP
LAN, IP WAN statik dan public.
Saat itu saya ingin IP WAN public tersebut nempel di server saya, artinya
bisa di akses via internet. Saya coba pelajari, google dan milist tentunya.
itu hanya seputar NAT pada modem ADSL, tapi saya sudah ikuti belum juga
sukses.
Sebetulnya bagaimana solusinya, step bystep. Dan bagaimana cara saya
test-nya apakah itu sudah open public atau masih tertutup.
Soalnya, kemarin saya dipanggil oleh seorang teman saya, beda kantor, dengan
kasus sama... mmhh kasus lama terulang kembali.
Pls, infonya... makasih.