At 20:05 16/11/2005, you wrote:
>lha
>
>===== Bisa dicegat dengan MAC Filtering, memblock SSID Broadcast, atau
>mengaktifkan WEP/WPA (kalo mau super aman, WPA2 adalah wajib).
>Bukan solusi teraman, tetapi lebih baik daripada tidak sama sekali.
>
>Alternatif hardware adalah melakukan lokalisasi jangkauan dengan
>antena khusus... butuh riset dan trial-error sih... tapi setidaknya
>lebih safe karena kita bisa melokalisasi wireless hanya dalam ruangan/
>radius tertentu saja.

Nambahin dikit,

Hasil riset kecil2an untuk lokalisasi sinyal wlan
wifi bisanya tidak bisa nembus beton (karena di dalam beton ada rangka
besi/baja)
dan kadang teralis jendela juga lumayan buat nahan sinyal supaya enggak keluar
ada sih yg keluar tapi relatif tidak stabil sinyalnya

Saya masih pake antena omni bawaan dari AP nya (saya pake merk Linksys dan
Dlink)
Idealnya sih antenanya pake model sectoral ato patch panel
jadi sinyal bisa di arahkan ke daerah yg membutuhkan
Tapi yah seperti Pak Jimmy bilang, butuh riset dan trial-error sebab setiap
antena punya karakter sendiri terhadap lingkungannya