Coba cek langsung di Counter pada ADSL Modem kamu dan bandingkan.
Lebih baik kalau semua koneksi internet harus terhubung ke Transparent Proxy
(termasuk
YahooMsg, POP3, SMTP, etc). Sehingga karena satu pintu, dapat dihitung traffic
yang
in-out. Juga coba cek semua PC (atau ambil sampling) beberapa PC yang dicurigai
terkena
virus/trojan. Caranya mudah dengan melihat counter Transmit dan Received Pada
NIC card
mereka. Dengan asumsi posisi PC sebagai client, harusnya counter Recevied harus
lebih
besar (setidaknya sama dengan Transmit). Jika counter Transmit jauh lebih besar
(berkali2
lipat dari Received) dan user pada PC tsb yakin tidak melakukan proses Upload
dan tidak
shared Folder untuk diakses ramai-ramai, segera scan virus PC tsb dengan
datavirus
ter-update untuk make sure apakah dia kena virus/trojan.

PS: ADSL modem tidak mungkin kena virus karena OS-nya bukan Win32 dan Linux
based.
Just make sure kamu memonitor IN-OUT dengan menerapkan Firewalling sebelum LAN
dan ADSL
Modem.kamu apabila kamu masih curiga (dengan memonitor apakah ada traffic yang
aneh). Atau
aktifkan sniffer pada segment ADSL modem jika dibutuhkan.
Good hunt.

Regards,

Stephanus J Alex Taidri
Instructor, BIT Education - Cisco Training Center
http://edu.bitgroups.com