> Wah anda termasuk orang yang beruntuk,
> Setahu saya paket corp u/ flexy sudah tidak ada ? atau memang masih
ada  ?

===== Berakhir Desember ini.
Pendaftaran sudah tutup awal Desember tahun lalu.

> Btw kalau harga tidak jadi perbedaan yang mencolok, bagaimana dengan
> sinyalnya, apakah esia bisa dibandingkan dengan flexy dalam hal
sinyal.

===== ESIA pake band 800 MHz. Sama juga dengan M8.
Flexi dan Starone pake 1900 MHz.

Secara teori, band 800 MHz lebih bagus dalam hal jangkauan (sama aja
kaya omongin wireless 2.4 GHz dan 5 GHz atau 802.11b/g dan 802.11a).
Dengan 800 MHz, BTS yang dipakepun akan lebih sedikit untuk cover area
yang sama.
Dalam waktu dekat (2006), semua CDMA akan pindah ke 800 MHz karena
frekuensi 1900 sebenarnya bukan milik CDMA, melainkan untuk 3G.

Berdasarkan pengalaman saya, awal2 Flexi memang agak kurang untuk
sinyal dibandingkan ESIA (pengaruh 800 vs 1900 ini). Tapi karena BTS-
nya ditambahin terus, ya sekarang uda jauh lebih baik. Soal kualitas
suara juga ESIA lebih "manusiawi" (lebih mirip telp analog). Suara
Flexi lebih mirip suara robot hehehe... entah kenapa perbedaannya saya
kurang tau... setingan di server sononya kali...

Sincerely,
Jimmy Auw.