sebenarnya selain bahasa jawa, google juga bisa ditampilkan dalam bahasa daerah
  lain seperti sunda, batak, dsb.

  hanya saja mungkin karena proses penterjemahan bahasa jawa sudah lengkap
  maka ditampilkan di situs google.co.id

  penterjemahan situs google ke bahasa lain dilakukan oleh para volunteer.
  kita semua bisa menjadi sukarelawan untuk menterjemahkan google
  ke bahasa yang kita bisa.

  jika memenuhi kriteria tertentu google bisa membuka penterjemahan
  ke bahasa daerah anda.

  saat ini bahasa indonesia dan bahasa jawa sudah diatas 90% diterjemahkan,
  sedangkan bahasa sunda masih sekitar 80% sehingga belum ditampilkan
  di situs google.co.id

  walaupun begitu, semua bahasa yang sedang ditranslate bisa ditampilkan,
  misalnya dengan url http://google.com/intl/id/   untuk bhs indonesia
  http://google.com/intl/su/   untuk bhs sunda dan http://google.com/intl/jw/
untuk bhs jawa.

  untuk memilih bahasa lain bisa dilihat di menu Language Tools.

  jika anda ingin berpartisipasi menjadi sukarelawan bisa gabung di
  https://services.google.com/tc/Welcome.html

JimBeam <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  kalau menurut saya google melakukannya "just 4 fun".
liat saja disitu ada bhs klingon, berapa banyak org di dunia ini yg
bisa bhs klingon? :)
kebetulan saja ada sukarelawan yg bersedia menerjemahin makanya di
pasang di situ.
kalau anda mau bisa coba submit hasil terjemahan bhs batak misalnya,
siapa tahu ntar
juga dipajang.