----On Thursday, December 15, 2005 2:33 AM "Rudi H"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote :

> Dear IT's
>
> saya sekarang bekerja sebagai tenaga IT disebuah perusahaan, yg sedang
> kebingungan , so help me guys .... :) ... butuh pencerahan
>
> -- bagaimana me 'manage' inventory pc dan hardw pendukungnya dgn baik, ada
> kah semacam softw yg biasa dipakai atau adakah semacam literatur yg bisa
> didpt di internet yg membahas mengenai itu?

---
asumsi saya, persh anda menengah ke bawah CMIIW, akan lebih nikmat kalo
mulai anda collect data semua hardware dan software di lingkungan bapak by
your self. nggak perlu pake konsultan. krn selain mahal juga ntar bapak akan
terus tergantung ama mereka.
ada banyak tool yg bisa bapak pakai secara gratis (misal : aida32), coba
tanya paman google. tool ini lumayan membantu saya dalam proses penghimpunan
data inventory di kantor.
habis itu bapak bisa masukin data ke database system asset manajemen. di
kantor saya, pake bikinan sendiri.
lantas mungkin timbul pertanyaan, apa aja yg musti disimpan?
kalo di tempat saya yang jelas setiap mutasi asset melalui mekanisme
pembelian dan penjualan harus ada record detil (tanggal, nomor bukti
transaksi, nama item, model/type item, deskripsi, serial number, dan jumlah)
kemudian ada fasilitas pemberian nomor inventaris
barangkali itu yg terpenting.

silakan ditambahi oleh yg lain.
salam.