Kalo saran sy begini mas/mbak :
  1. kalo memungkin dbms yg anda gunakan bisa partisi table, sebaiknya anda
partisi, sebab dgn begitu pencarian data dgn kriteria partisi akan lebih cepat
dibanding tdk. (pengalaman)
  2. sy biasanya mengakalinya dgn SQL
  3. kalo memang anda memaksakan pake perulangan, sewaktu membuka tbl coba anda
order berdasarkan kriteria yg akan dicari
  4. sewaktu perulangan dan anda sdh merasa pointer sdh lewat pada posisi yg
menurut anda sdh ndak ada lagi kriteria memenuhi dibawahnya, langsung aja di
exit dari perulangan tersebut

  semoga membantu
  IT-MKS

  it solutions <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
  saya sedang membuat sebuah program. pada database tersebut ada data sekitar
500ribu sampai 1juta record. jika menggunakan looping ataupun do while dalam
mencari data, pencariannya sangat lambat. ada yang tau perintah yang bisa
mencari data dengan cepat? kalau ada mohon email saya di : [EMAIL PROTECTED]
jika nantinya berhasil, saya akan berikan fee kepada anda. trims yah rekan2