Trims atas masukkan.
Server yang saya maksud akan digunakan di sekolah, jadi nggak sampai 24 jam,
bisa jadi cuma 15 jam sehari, jadi termasuk server yang bisa nikmati hidup
nih hehehe.
LAN di IBM belum 100/1000, masih 10/100, soalnya barang second. Sekarang
saya sudah tinggalkan kemungkinan untuk beli server IBM, karena melihat ada
kemungkinan yang lebih baik. Disarankan oleh Pak Stanley, menggunakan RAID
SATA. Saya cek beberapa tipe motherboard yang support RAID SATA 0, 1, 0+1, 5
dan Matrix RAID. Menurut keterangan Pak Stanley dan yang saya baca, dengan
sistem RAID, alias beberapa harddisk dirangkai bersama untuk meningkatkan
performance dan kecepatan akses client ke server.
Sekarang ada pilihan: menggunakan RAID 5, yang minimal perlu 3 harddisk atau
MATRIX RAID yang 2 harddisk (sepertinya teknologi baru). MATRIX RAID
merupakan perbaikan dari RAID 0+1 yang memerlukan 4 harddisk. Soal RAID bisa
dilihat disini:

http://techreport.com/reviews/2005q1/matrix-raid/index.x?pg=1
http://www.acnc.com/04_01_0p1.html

Mohon bantuan rekan-rekan untuk memberikan saran dan informasi lebih lanjut
soal RAID.

Salam