Hello StreetSoldier,

> Hei all... saya ada beberapa permasalahan nih, tapi biar rapi,
> saya buatkan thread masingĀ². Gini, ada Laptop Toshiba DynaBook EZ486
> pengen dibackup datanya. HDD-nya cuma 210 MB, OS-nya aja masih DOS.
> Saya coba lepas HDD-nya, kemudian pasang di external case utk HDD
> laptop (2,5"), dan ke-detect sebagai Removable Disk. Anehnya,
> datanya kok ga bisa dibaca ya? Saya lupa err messagenya, kalo ga
> salah dia malah minta format. Udah dicoba di 2 komputer tapi sama
> aja. Tolong dibantu ya... Ada file yg sangat dibutuhkan. Oh ya,
> [...]

Biasanya sy sering nemuin seperti begitu klo lagi ngebaca harddisk
kecil yang ukurannya mb.
Solusinya coba deh pasang dulu hd tsb di laptopnya, terus liat di bios
spesifikasi dari hd tersebut, spt sectornya, kapasitasnya, typenya
(lba/normal/auto) dll.
Terus pasang hd tersebut di pc (jangan gunakan enclosure/external,
pasang di internal aja pake connector).
Cek dibios pc tersbt. Samakan spek hd yang di NB ama yg di pc.

Hal tsb disebabkan, pada saat fdisk dan format hd di NB (format dos) menggunakan
spec tertentu dibios atau tidak menggunakan auto detect.

--
Best regards,
 ragil                            mailto:[EMAIL PROTECTED]