Ato anda buat account di yahoo Local sperti www.yahoo.com.sg,
www.yahoo.co.id en jangan lupa Aktifkan fungsi POPnya di OPTION MAIL.
Untu setting di e-mail client:

Bacalah cara melakukan setting POP email anda  di bawah ini :

   <http://id.mail.yahoo.com/>

Setelan Akses POP

Untuk membaca Surat Yahoo! email client eksternal (seperti Eudora, Outlook,
Netscape, dll.), Anda perlu mengkonfigurasi setelan server surat Masuk (POP)
dan Keluar (SMTP) sehingga bisa mengirim dan menerima pesan dari Surat
Yahoo! akun. Biasanya, Anda dapat menemukan setelan ini di dalam menu Tools
atau Preferences dalam program email tersebut.

Penting: Jangan menghapus setelan surat masuk Anda

Jika selama ini Anda telah menerima surat dari server surat lain (seperti
surat masuk ke alamat Anda pada ISP Anda), Anda perlu menambah sebuah akun
POP baru. Kadang-kadang, akun baru ini disebut "profile"
baru, kadang-kadang "personality" baru, tergantung pada email client
tersebut. Jika email client Anda hanya membolehkan Anda menerima surat dari
satu server POP pada satu waktu, pastikan Anda mencatat setelan saat ini
sebelum menggantinya dengan Surat Yahoo! setelan sehingga Anda dapat
mengubahnya kembali jika membutuhkannya. Di bawah ini adalah setelan server
untuk mengakses Surat Yahoo!.

Setelan Server

Server Surat masuk (POP3):
pop.mail.yahoo.com

Server Surat Keluar (SMTP):
smtp.mail.yahoo.com

menggunakan SMTP port 587 [Apakah ini?]

Nama Akun/Nama Pengguna:

PRIYO

Alamat email:

[EMAIL PROTECTED] <mailto: [EMAIL PROTECTED]>

Sandi:

Sandi Surat Yahoo! Anda
Kami memberikan petunjuk di bawah ini untuk mengkonfigurasi akses POP ke
Surat Yahoo! untuk email client tertentu. Klien yang Anda gunakan mungkin
tidak ada dalam daftar ini, dan setelan server bervariasi menurut klien.
Ingatlah, bahkan setelah Anda mengkonfigurasi mail client untuk mengirim dan
menerima Surat Yahoo! pesan, sehingga Anda dapat selalu masuk ke dalam Surat
Yahoo! akun untuk mengirim dan menerima juga.

Untuk informasi yang lebih terinci tentang cara menyetel mail client
tertentu, kunjungilah:

.                                 Menyetel Netscape Mail <
http://help.yahoo.com/help/id/mail/pop/pop-04.html>

.                                 Menyetel Microsoft Outlook <
http://help.yahoo.com/help/id/mail/pop/pop-05.html>

.                                 Menyetel Microsoft Outlook Express <
http://help.yahoo.com/help/id/mail/pop/pop-06.html>

.                                 Menyetel Eudora Pro <
http://help.yahoo.com/help/id/mail/pop/pop-07.html>

.                                 Menyetel email client lain <
http://help.yahoo.com/help/id/mail/pop/pop-03.html>

Outlook Express

Pengguna Surat Yahoo! dapat menggunakan Outlook Express atau klien POP3
lainnya untuk mengakses dan mengelola pesan Surat Yahoo! mereka.

Outlook Express memungkinkan Anda untuk menambahkan akun email baru ke
profil yang sudah ada. Ini berarti Anda tidak perlu mengganti setelan saat
ini untuk mengirim dan menerima pesan Surat Yahoo!.
Begini caranya:

1.      Dari menu Tools, pilih "Accounts."
2.      Pilih tab "Mail."
3.      Klik tombol "Add".
4.      Dari menu Add, klik "Mail."
5.      Pada kotak teks berlabel Display Name, ketik nama Anda dan klik
"Next."
6.      Pada kotak Email Address, ketik alamat Surat Yahoo! Anda
(pastikan untuk mencantumkan "@yahoo.co.id ") and click "Next."
7.      Di bawah "My incoming mail server is a..." pilih "POP3."
8.      Ketik " pop.mail.yahoo.com" pada kotak Incoming Mail (POP3,
IMAP, atau HTTP) Server.
9.      Ketik "smtp.mail.yahoo.com " pada kotak Outgoing Mail (SMTP)
Server.
10.      Klik "Next."
11.      Dalam kotak Account Name, ketik ID Surat Yahoo! Anda (alamat
email Anda tanpa "@ yahoo.co.id").
12.      Pada kotak Password, ketik sandi Surat Yahoo! Anda.
13.      Jika Anda ingin Outlook Express mengingat sandi Anda, centang
kotak "Remember password."
14.      Jangan mencentang kotak berlabel "Log on using Secure..."
15.      Klik "Next."
16.      Klik "Finish."

Penting: Sekarang server SMTP Surat Yahoo! memerlukan autentikasi. Untuk
mengaktifkan setelan ini:

1.      Dari menu Tools, pilih "Accounts."
2.      Pilih tab "Mail."
3.      Klik dua kali akun berlabel "pop.mail.yahoo.com."
4.      Pilih tab "Servers."
5.      Centang kotak di sebelah "My Server Requires Authentication."
6.      Klik "OK."

Untuk mengendalikan penghapusan surat dari server Surat Yahoo!:

1.      Dari menu Tools, pilih "Accounts."
2.      Pilih tab "Mail."
3.      Klik dua kali akun berlabel " pop.mail.yahoo.com."
4.      Pilih tab "Advanced."
5.      Pada bagian Delivery di bagian bawah jendela, centang "Leave a
copy of messages on server" jika Anda ingin menyimpan pesan Surat Yahoo!
pada server Surat Yahoo! selain juga pada komputer lokal Anda. Jangan
mencentang kotak ini jika Anda ingin surat dihapus dari server Surat Yahoo!
setelah Anda menerimanya di Outlook Express.

Jika ISP Anda memblokir port 25 atau jika Anda tidak bisa mengirimkan email,
maka Anda harus menggunakan port 587 apabila mengirimkan lewat server SMTP
Yahoo!. Untuk melakukan perubahan ini, ikutilah petunjuk
berikut:

1.      Dari menu Tools, pilih "Accounts."
2.      Pilih akun POP Yahoo! dan klik tombol "Properties."
3.      Klik tab "Advanced."
4.      Di samping "Outgoing server (SMTP), ubah port 25 menjadi 587
5.      Klik "Apply," lalu klik "OK" dan "Close"

Microsoft Outlook 98 dan 2000

Pengguna Surat Yahoo! dapat menggunakan Outlook atau klien POP3 lainnya
untuk mengakses dan mengelola pesan Surat Yahoo! mereka. Layanan ini
memungkinkan Anda untuk menggunakan Outlook atau klien POP3 lainnya untuk
mengakses dan mengelola pesan Surat Yahoo!.

Outlook memungkinkan Anda menambahkan akun email baru ke profil yang sudah
ada. Ini berarti Anda tidak perlu mengganti setelan saat ini untuk mengirim
dan menerima pesan Surat Yahoo!. Sayangnya, Microsoft Outlook
97 tidak mendukung SMTP autentikasi, dan karena itu Microsoft Outlook 97
tidak dapat digunakan untuk membaca pesan Surat Yahoo!.

Microsoft Outlook 98 dan 2000

Untuk menambahkan akun email baru ke profil yang sudah ada:

1.      Dari menu Tools, pilih "Accounts." Jika Anda tidak menemukan
"Accounts," tempatkan kursor di atas dua tanda panah di bagian bawah daftar
untuk menampilkan lebih banyak pilihan.
2.      Klik tombol "Add".
3.      Dari menu Add, klik "Mail."
4.      Pada kotak Display Name, ketik nama Anda sebagaimana yang Anda
inginkan agar tampak saat mengirim surat, lalu klik "Next."
5.      Pada kotak Email Address, ketik alamat Surat Yahoo! Anda
(misalnya, "[EMAIL PROTECTED]") kemudian klik "Next."
6.      Pada kotak berlabel "My incoming mail server is a..." pilih
server "POP3."
7.      Ketik " pop.mail.yahoo.com" pada kotak Incoming Mail (POP3 or
IMAP) Server.
8.      Ketik "smtp.mail.yahoo.com " pada kotak Outgoing Mail (SMTP)
Server.
9.      Klik "Next."
10.      Dalam kotak Account Name, ketik ID Surat Yahoo! Anda (alamat
email Anda tanpa "@ yahoo.co.id").
11.      Pada kotak Password, masukkan sandi Surat Yahoo! Anda.
12.      Centang "Remember Password" jika Anda tidak ingin Outlook
meminta sandi setiap kali Anda mengecek surat.
13.      Jangan mencentang kotak berlabel "Log on using Secure Password
Authentication (SPA)."
14.      Klik "Next."
15.      Pilih jenis koneksi yang sesuai di bawah judul "Which Method Do
You Use to Connect to the Internet."
16.      Jika memilih "Connect using my phone line," Anda harus memilih
koneksi dial-up pada Dial-up Connection Wizard, lalu klik "Next."
17.      Klik "Finish."

Penting: Sekarang server SMTP Surat Yahoo! memerlukan autentikasi. Untuk
mengaktifkan setelan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1.      Dari menu Tools, pilih "Accounts."
2.      Pilih tab "Mail."
3.      Pilih akun Surat Yahoo! dan klik "Properties."
4.      Klik tab "Servers."
5.      Centang kotak di sebelah "My Server Requires Authentication."
6.      Pastikan "Log on using Secure Password Authentication" tidak
dicentang.
7.      Klik "OK."

Untuk mengendalikan penghapusan surat dari server Surat Yahoo!:

1.      Dari menu Tools, pilih "Accounts."
2.      Klik tab "Mail."
3.      Pilih akun Surat Yahoo! dan klik "Properties."
4.      Klik tab "Advanced."
5.      Klik "Leave a copy of messages on server" jika Anda ingin
menyimpan pesan Surat Yahoo! Anda pada server Surat Yahoo! selain juga pada
komputer lokal Anda. Ingatlah bahwa menyetel email client untuk menghapus
surat dari server akan menyebabkan surat itu terhapus dari server. Jika
surat itu sudah dihapus, kami tidak bisa mengambilnya kembali.
6.      Klik "OK."
7.      Tutup Microsoft Outlook dan restart.

[...]

Email Client yang Lain

Agar bisa menggunakan email client untuk mengirimkan dan menerima pesan
Surat Yahoo!, Anda harus menetapkan server surat masuk (POP) dan server
surat keluar (SMTP) baru.

Jika tidak dapat menambah server POP atau SMTP yang baru, Anda perlu
mengubah setelan server Anda saat ini. Mula-mula tuliskan setelan Anda saat
ini - Anda mungkin perlu kembali ke setelan semula nanti jika Anda
memutuskan untuk mengirim dan menerima surat dari alamat email yang lain.

Berikut adalah setelan server dasar untuk Surat Yahoo!:

Server Surat masuk (POP3):
pop.mail.yahoo.com

Server Surat Keluar (SMTP):
smtp.mail.yahoo.com (use authentication)

Nama Akun/Nama Login:

ID Surat Yahoo! Anda (alamat email Anda tanpa "@yahoo.co.id").

Alamat Email:

alamat Surat Yahoo! Anda (mis. [EMAIL PROTECTED] <mailto:
[EMAIL PROTECTED]> )

Sandi:

sandi Surat Yahoo! Anda

Perhatikan bahwa jika klien Anda tidak mendukung autentikasi SMTP, Anda
tidak akan bisa menggunakannya untuk mengakses pesan Surat Yahoo! Anda.