----- Original Message -----
From: "Fansul" <[EMAIL PROTECTED]>
To: "Nu Kasep" <ITCENTER@yahoogroups.com>
Sent: Friday, December 16, 2005 6:57 AM
Subject: Re[2]: [ITCENTER] Mirror di Linux

> Kalau hd di gabung menjadi 1 (satu) seandainya salah satu hdnya rusak
> terhadap datanya bagaimana pak ?

Jawab:
Tergantung Pak, kalo,
RAID 0 = Stripping - Min 2 HD => 40 GB dan 40 GB  ==> jadinya 80 GB => High
Risk loss data/system
RAID 1 = Mirror - Min 2 HD =>40 GB dan 40 GB ==> jadinya 40 GB => Data
Selamat kalo data dimirror
RAID 5 = Stripping data and parity - Min 3 HD => jadinya kira2 2/3 dari
total => Tergantung dimana data disimpan dan atau bagian HD mana yang
failure

> Dan kalau yang kena hd sistemnya apa yang akan terjadi ?

Jawab:
sudah terjawab :-D

> Apakah cukup diganti dengan hd baru ? semuanya akan kembali seperti
> semula ?

Jawab:
gak semudah itu lah semua tergantung situasi.... :-P

> Dan hd yang di ganti apakah harus sizenya sama juga dengan yang rusak
> ?

Jawab:
Recommended ' YA '

Utk detilnya search aja di googling lalu uji coba pake user-mode Linux
supaya gak ngerusak system, abis saya sendiri belum pernah uji coba semua
RAID Method. Mohon maaf kalo kurang membantu,

CMIIW
Wassalam

IT Freelancer On-Line
08122030788,