> Dear mas Acho TX,
>
> ==Kalau di tempat mas bayu sebulan bisa dapet berapa order?
>
> Wew saya salaut ma Anda, sepengalaman saya, kalo mengerjakan
> suatu web itu gakpernah kalao hanya perlu waktu satu bulan (meskipun skala
> minim)
> biasanya pada awal2 itu 1 beberapa minggu bahkan sampe 1 bulan habis
> digunakan untuk mencari detil2 dan membuat prosesnya(Bussines Process)
> kalo pertnyaan mas seperti itu berarti saya rasa Mas sangat hebat.
>
> Nah kalo processnya sudah selesai/ clear para progammer akan dapat
> [...]

yup bener :)
bukan merasa hebat, biasanya saya kalo ada proyek gituan paling gak
gak harus kerja sendiri, alias data content cari sendiri, misal data
hardcopy ato softcopy harus disiapkan oleh yg memesan. (sori pengalaman
saya kebanyakan soal data content apa yang mo ditampilkan, dan rata²
perusahaan pemesan bingung )
itu contoh aja... selainnya itu alternatif waktunya (bisa 1 bulan lebih)
kalo pake cms yang sudah ada, mungkin akan lebih mudah sedikit karena kita
cuman bikin komponen ama modul yang disesuaikan dengan pesanan
backendnya tinggal pake cms ybs. udah gitu dari sisi update dan security
kita juga bisa agak ongkang² kaki :)