Kalau "3 Group" tersebut dipisahkan dengan sebuah Router (atau PC Router),
tentu secara
default tidak dapat melihat Workgroups tetangga di group (network) lain karena
memang
secara default router tidak difungsikan untuk meneruskan broadcast dan beberapa
protocol
yang memang tidak dapat diteruskan oleh router (misalkan: NETBIOS, NETBEUI)
yang ternyata
digunakan oleh MS untuk membentuk Workgroup list.

But don’t worry karena File dan Print Sharing kamu sebenarnya masih tetap bisa
berfungsi
(karena bantuan protocol NETBIOS Over TCP/IP). Untuk testing apakah file
sharing di group
tetangga dapat diakses atau tidak, kamu tinggal mengetikkan IP address dan nama
share-nya
di IE, Windows Explorer atau Start->Run (pilih salah satu).

Contoh, buka IE, lalu ketik pada URL sbb:
\\IP-PC-DIGROUP-TETANGGA\Public   (jika dimisalkan PUBLIC adalah nama share
foldernya).

Kalau sukses, berarti NETBIOS over TCP/IP jalan.

Kalau kamu terpaksa harus bisa melihat workgroup yang lain, mungkin bisa
dibantu dengan
mengaktifkan WINS (Windows Internet Naming Solutions). Protocol tsb harus kamu
install
pada sebuah PC Server yang biasanya berfungsi sebagai PDC dan memiliki 3 NIC
Card, masing2
disalah satu Group.

Good luck dan selamat mencoba.

Regards,