Metta:

SQL adalah structured query language. Bahasa ini tidak ada hubungannya
dengan product. Jadi singkatnya, anda dapat "ketik" SQL di notepad /
MS WORD (save dgn txt file) dan gunakan "compiler" untuk "execution"

MySQL adalah "label" dari GPL (General Public License), yang
menyediakan "environment" untuk melakukan SQL

Contoh Lain: Basic adalah bahasa pemrogramman. Turbo basic adalah "label"
dari Borland Corp yang menyediakan "environment" untuk melakukan
BASIC.

Moga2x after this concept, you can decide lebih baik

--
Best regards,
DE1929