Kesimpulannya adalah:

   1. Jangan pernah mempercayai orang yang tidak berhak memasuki kawasan
   merah alias Data Center, include konsultan IT (harus tetap didampingi apa
   yang dilakukan dan harus mengisi form/ log kegiatan didalam data center).
   2. Jangan pernah meminjamkan USB Flashdisk kesembarang orang,
   keliatannya sih pelit... *tapi murah hati ga ada harganya jika Data
   center jebol oleh karena kelalaian tersebut....*
   3. Install dengan Security Guard Gateway (hardware/ software)
   diperusahaan anda baik itu melalui Email server, Internet Server, FTP
   server, NMS server Dll (server yang berhubungan dengan IP Public).
   4. Gunakan tools untuk melakukan network monitor... (hal ini berguna
   untuk mendeteksi beban network dan mengecek lalu lintas packet
   yang menggunakan IP internal dan atau IP external, dan selanjutnya paket
   tersebut di analisa paket apakah aman atau Trojan/ Spyware.
   5. Selalu update dan check trafic lalu lintas paket di network... Jika
   ada Desktop yang broadcash ke suluruh kompie di network... Segera reject dan
   check system komputer tersebut.
   6. Make sure AV server running well untuk service====> Realtime
   monitor scanning, Daily scanning dan Signature update.
   7. Make sure AV server telah men'distribute'kan engine update AV ke
   client/ Desktop.
   8. Dll.... mungkin yang lain mau nambahin atau membantah..."go head"
   seperti yang anda tulis...masih banyak celah keamanan yang bisa ditembus....
   dan ........>

"Anda lebih tau kelemahan anda sendiri dari pada musuh anda, jadi buatlah
design dan kreatifitas sendiri untuk memperkuat kelemahan anda tersebut"
alias jangan hanya mengandalkan TEORI yang didapatkan saja......

Saya mo ikutan curhat dikit:
Data Center bagi sebagian perusahaan adalah nyawa. Jika Data Center mati...
maka Perusahan tersebut akan ikut mati....Hal ini pernah saya alami bekerja
diperusahaan Trading yaitu perusahaan Australia yang bergerak dalam jasa
transaksi Saham antar negara...dan konsumennya adalah para pemain saham,
ekonom, securitas dll. Pernah sekali Data center ada masalah, akibatnya
selama 3 menit Trading berhenti...dan akibat 3 menit berhenti tersebut
diperkirakan 3 M transakti dibatalkan.... Coba bayangkan kalau 3 jam 3 hari
atau 3 bulan.... apakah perusahaan tersebut akan tetap berkibar.....

hehehe... udah yaakkk curhatnya.....
NB: Sebenarnya Thread ini udah di Close tapi ada yang mo tau
kesimpulannya...maka saya mau mencoba merangkum thread ini.. dan bagi yang
mo nambahin silahkan....

Salam, 354
BenQ

Salam, 354