Thanks ya Mas Eko atas informasinya .....

Salam,
Suci

-----Original Message-----
   Date: Fri, 17 Feb 2006 14:43:34 +0700
   From: Eko Fedriyanto <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: Info Blackberry dong ...

Yang duluan ngelirik blackberry di indo sebenarnya indosat sebagai bagian
dari layanan matrix. Kalo gak salah waktu itu telkomsel membuat produk rival
dengan nama ventus. Gak tau gimana jadinya sekarang telkomsel ikutan masuk
ke bisnis blackberry.

Dulu sempat nyoba compare layanan untuk paket personal untuk blackberry nya
matrix-indosat ama ventus-telkomsel. Begini kira2 reviewnya :

   1. Dari segi Update email sebenarnya sama. Sama2 melakukan push email,
   tetapi prinsipnya beda dan masing2 keunggulannya juga beda. Kalo ventus
   sebenarnya hanya melakukan request push email sesuai settingan di device
   software (defaultnya kalo gak salah per 2 menit) sedangkan
blackberry-matrix
   (semua blackberry) merequest push email lebih real time (anggap aja
seperti
   ping jaringan) dan paket yg dikirim memiliki kompresi yg sangat baik
   (kecil). Kalo ditotal2 ventus memakan byte GPRS relatif lebih besar dari
   pada blackberry. Satu keunggulan ventus di sini, anda bisa mematikan atau
   memperlambat delay request push email sedangkan blackberry push email
adalah
   bawaan device (anda akan selalu terkoneksi ke GPRS).
   2. Secara device Blackbarry hanya mendukung device2 tertentu (dan
   device keluaran RIM / Blackberry tentunya) sedangkan Ventus bisa
dijalankan
   di device yg lebih beragam.
   3. Untuk anda yang benar2 mobile, blackberry adalah pilihan terbaik
   karena Ventus hanya fokus ke push email standard. Dengan blackberry anda
   bisa menikmati banyak feature selain email.

Selanjutnya soal layanan Blackberry mana yang sebaiknya anda pilih, intinya
sama saja. Karena operator2 itu sebenarnya hanya sebagai penyedia jalur /
jalan doang untuk blackberry. Karena mereka memiliki infrastruktur GPRS dan
pelanggan. Sebagai pertimbangan, pilih saja operator yang memiliki GPRS yang
stabil (menurut saya dua2nya cukup stabil), compare harga paket yg
ditawarkan dari kedua operator, kalo keperluan anda adalah corporate pilih
operator yang memiliki program tambahan selain menyediakan medianya.

Untuk dukungan terhadap bahasa jepang kayaknya ada deh... Kemaren pernah
nyoba versi bahasa China nya. Toh kalau Operatornya jualan pake bahasa
Inggris, bisa di Update Operating Systemnya ke instalasi bahasa yang kita
inginkan (Biasanya Operating System Blackberry di distribusikan sesuai
operator, pada kasus blackberry-matrix anda belum akan menemukan nama
Indosat-Matrix dalam support http://blackberry.net karena sebenarnya Indosat
menggandeng Starhub untuk layanan ini. Kalo telkomsel saya nggak tau).

Untuk lebih banyak informasi tentang kebutuhan anda, coba browse ke :

http://blackberry.net

http://blackberryforums.net

http://www.matrix-centro.com/micro/blackberry/overview.php

http://www.telkomsel.com/web/products/index.php?id=61