Kalau yang dimaksudkan dengan lama, adalah waktu yang dibutuhkan untuk
memproses sesuatu, dibandingkan dengan beberapa hari yang lalu, sekarang
menjadi lebih lama proses kerjanya, mungkin terlalu banyak program yang
dibuka secara tidak disadari atau komputer terkena virus.

Coba masuk ke msconfig dengan cara :
Start,
Run, ketikkan msconfig dan klik tombol OK, maka beberapa saat kemudian akan
muncul
menu System Configuration Utility dengan tab General, System.ini, Win.ini,
Boot.ini, Services dan Startup.
Kemudian klik tab Starup, maka akan tampil program-program yang dijalankan
saat kita menstart komputer, tanpa kita perintahkan.  Coba klik Disable All
dan klik Apply dan OK,
maka akan ada menu pilihan apakah komputer akan di restart atau tidak.
Pilih untuk restart sekarang.

Komputer akan restart dan setelah desktop tampil dan normal, coba jalankan
suatu proses, rasakan, apakah sekarang, waktu yang dibutuhkan komputer untuk
memproses sesuatu menjadi lebih cepat ?  Kalau ya, berarti lambatnya proses,
disebabkan terlalu banyaknya program yang dijalankan saat komputer distart.

Kalau dengan kondisi ini tidak ada permasalahan dalam pekerjaan sehari-hari,
artinya tidak ada sesuatu yang tidak bekerja, maka biarkan kondisinya
seperti ini.
Kalau misalnya ada sesuatu yang terjadi, misalnya scanner tidak bekerja,
Auto Protect Anti Virus tidak berfungsi dan lainnya, masuk lagi ke Start,
Run, msconfig, startup dan pilih dengan mencentang kotak di depan nama
program yang dibutuhkan misalnya untuk Auto Protect NAV, yang dicentang
adalah ccApp dan ADVCHK dan untuk Scanner Microtek, yang dicentang adalah
Microtec Scanner Finder.  Setelah itu restart lagi, maka sekarang peralatan
tersebut akan bekerja.

Salam.