At 09:56 22/02/2006, you wrote:

>Hehehe yang ganti sistem BNI khan GW..hahahah...
>" klo kita lagi transaksi di cabang A di agak bisa melayani ke cabang B
>tapi masih bisa ke cabang C" itu karena sistem yang lama pake software
>"BOSS" dan databasenya masih terdistribusi...jadi bisa ke cabang laen kalo
>cabang A mate...

nah ini rancunya, ketika saya ke caang B yg dianggap mati dari A,
di sana masih bisa transaksi :)
berarti ada masalah di jaringan komunikasinya

[cut]
>tapi yang sekarang udah Tersentralisasi...justru lebih gede
>lagi impactnya...dulu pernah kejadian seluruh area jawa koneksinya
>putus...dan semua cabang ato capem tidak bisa transaksi...heheheh... jadi
>BNI dengan sistem yang sekarang otomatis biaya yang dikeluarkan lebih mahal
>dan harus mempunyai backup yang memadai...

Nah ini yg aneh :)
imho, idealnya sih klo transaksi di satu abang itu banyak harusnya jangan
di sentralisasi
tapi teuteup di disribusi saja, stategi awal itu sudah bener
jadi harus di benahin itu di jalur komunikasinya.

Oh iyah, Buat wawasan ajah
beberapa waktu lalu di salah satu workshop,  Saya sempet ngobrol dengan
seorang konsultan network security
dia bilang antara rule aplikasi & rule firewall kadang suka gak "nyambung"
sebagai contoh : di satu sisi, si aplikasi butuh buka koneksi ke server,
setelah itu menunggu jawaban dari server
nah si firewall klo ngeliat menunggu itu sebagai koneksi idle, sama dia di
putusin soalnya hal seperti ini gak aman
bisa di susup sinyal laen atau sinyal tersebut bisa di sniff,  tapi si
aplikasi butuh ini (idle dulu) karena dia akan menerima status dari server.

heheh ...