Saya juga lagi mikir sih, anda itu kirim lamaran terus dipanggil, atau
tiba-tiba dipanggil karena ada referensi dari seseorang? Kalau anda pernah
melamar keperusahaan tersebut, kenapa tidak dicantumkan bahwa anda hanya
berminat kerja di Bandung? Salah anda atau MNC?

> Pertanyaan saya pada ITers ada beberapa point wajar dan atau
> mungkin gak yah? seperti,
>
> 1] Klaim Cost pada perusahaan MNC tsb yang timbul karna,
>    a) harus meninggalkan kewajiban sy utk perusahaan tsb
>    b) sy dibayar per jam by perusahaan sy skr, per jam-nya
> lumayan besar bagi sy
>    c) sy juga punya skedul target utk proyek kecil2an saya
> lainnya 2] Interview via Internet seperti email dan WEBCAM karna,
>    a) tanpa harus meninggalkan kewajiban sy diperusahaan skr
>    b) sy tidak hilang 1 sen pun
>    c) skedul sy berjalan normal

Semua point diatas menunjukkan, bahwa anda ngga mau rugi, bahwa MNC yang
harus rugi karena mau interview anda.

Anda bilang anda rugi 675 ribu/hari, dimata MNC, berarti gaji anda sekarang
saat ini diatas 20 juta gross (karena anda ngga informasikan sistem
pembayaran per jam). Kalau anda di interview, pasti minta gaji diatas gaji
bulanan tersebut.

Kalau saya di MNC tersebut sih gampang saja, cari kandidat lain yang ngga
rese. Anda baru level Network Engineer aja sikapnya sudah seperti itu  :-)

BTW. Anda tahu kan, MNC itu banyak jenisnya, ada yang cuma 100 karyawan di
1-2 negara, ada juga yang 100 ribu karyawan di 200 negara :-)

Salam
Albert