Mungkin bisa sedikit membantu.

Kelebihan dari Proxy Server :
1. Akses internet lebih cepat karena adanya cache.
2. Jaringan akan lebih mudah dimonitoring karena semua client akan melalui
proxy
3. Jaringan juga lebih secure karena kita bisa control web apa yg boleh dan
tidak.

Kekurangan dari Proxy Server :
1. Data menjadi tidak real time karena proxy menyimpan cache.

Untuk kantor saya, memakai software kerio winroute. Cukup handal kok. Kita
bisa menentukan user dan password yang bisa untuk akses internet.

Kalo spek komputer untuk proxy server dikantor saya pada umumnya standard
dengan pc biasa, cuma agak besar di memorinya yaitu 512 MB.

Untuk proxy, kita menggunakan kerio dan untuk mail server menggunakan
MDaemon.

Kalo mau beli, banyak kok tersedia di toko toko cd di mangga dua / glodok.

Semoga bisa membantu.

Denis Arifin
EDP Departement
PT. Anugerah Idealestari