Bicara soal proxy server maka tidak terlepas dari servis lain terutama
berkenaan dengan konsep internet.

Saya mo sedikit sharing..
Sebelum tahun 2000 saya masih sebatas pengguna servis internet, hanya
bisa pake internet dan ga' tau gimana cara kerjanya.. kok internet
bisa gitu..? Itu pun saya baru tertarik menggunakan internet secara
aktif setelah baca bukunya kang Onno "Buku Pintar Internet : Teknologi
Warung Internet". Sejak baca itu, saya rajin ke warnet dan mulai
'kutak-katik' kompie di warnet yang intinya; gimana supaya bisa donlot
cepet software2 tools dan sejenisnya.. gimana spy ga keganggu sama pop
up window.. dan sejenisnya.. Rasanya mulai saat itulah saya jadi
muridnya kang Onno.. :-)

Pas kebetulan ke Gramedia, nemu buku tulisannya kang Onno dkk "Buku
PINTAR Internet: MEMBANGUN SERVER Internet dengan FreeBSD"
(http://www.geocities.com/dsa_project/special/books/71.html)..
langsung beli.. baca bolak-balik.. nyoba install kompie dirumah.. dan
mulai kutak-katik kompie.. baca bukunya lagi.. dan lagi..
Yang paling 'berkesan' sih baca bukunya... karena.. dari baca buku ini
saya jadi tau.. konsep internet dengan segala macam servis-nya..
bagaimana meng-implementasikannya.. dlsb.. yang akhirnya membuat jadi
penasaran dan 'kecanduan' untuk mengenal lebih dekat...

Salah satu yang dibahas di buku itu tentu saja tentang PROXY SERVER
yang memang cukup 'dikenal' dekat oleh pengguna internet.. tapi saat
ini pengguna internet banyak yang tidak menyadari kalau dirinya sudah
menggunakan layanan PROXY SERVER karena penerapan teknologi
'transparent proxy' oleh kebanyakan ISP..

Maap.. jadi panjang.. :) tapi.. mudah2an ada juga yang bisa memulai
dari sini.. setidaknya _mulai_dengan_membaca_buku2/tulisan2_kang_Onno_
yang menurut saya; bahasa-nya 'gaul'.. ga ribet2 amat.. dan bikin
kecanduan.. :)) sory.. bukan ngiklan.. tapi emang gitu sih menurut saya!!

'Susah' dapet bukunya? Gampang.. Interogasi aja Mr. Google (si segala
tahu).. Dari hasil interogasi ke Mr. Google ada beberapa tulisan
(indonesia) terkait dengan PROXY SERVER:
http://www.google.co.id/search?hl=id&q=konsep+%22proxy+server%22&btnG=Cari&meta=
http://antzon.wordpress.com/2006/02/28/proxy-server-apa-dan-bagaimana-part-1/

Atau.. dateng aja ke 'online digital library'-nya kang Onno di:
http://bebas.vlsm.org/v14/
baca:
http://bebas.vlsm.org/v09/onno-ind-1/network/proxy-cache-di-internet-01-1997.rtf
http://bebas.vlsm.org/v09/onno-ind-1/network/proxy-untuk-sharing-akses-internet-08-2001.rtf

Mau yang lain? Mau donlot file .iso? ;-) boleh aja.. disini:
http://bebas.vlsm.org/

Biar puas.. pake 'Web Copier/Website Downloader' copy aja isi
website-nya simpen di flash-disk (kalo pake warnet) bacanya di rumah
aja.. saya biasa pake WinHTTrack (http://www.httrack.com/)..

Untuk memulai.. boleh juga baca dari sini:
http://onno.vlsm.org/v09/onno-ind-1/application/memanfaatkan-internet-04-1999.rtf

Sekali lagi maap kalo kepanjangan.. saya cuma sekedar sharing..

Selamat memulai.. :-)
[thks to kang Onno untuk ilmu-nya]

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, andri Kurniawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Bos, gue mau nanya apa sih pengertian proxy server n kegunaannya
trus gimana cara gunakannya...?

>   trim's
---hapus---