afaik,
RAID bisa di control by h/w atau s/w. kalau di control by  h/w yaa butuh
raid Controller, tapi kalau by s/w artinya ga butuh raid controller.
dengan demikian hardisk IDE pun bisa di bikin raid by s/w di linux, SATA
juga bisa.

Saya belum pernah coba setting raid untuk sata (ga punya hdd sata), tapi
berdasarkan keluhan mr. subardi di email yang paling pertama, dugaan saya
error yang terjadi karena beliau salah menggunakan CD installer (tidak
ada konfirmasi balik). Untuk PC dengan processor AMD Athlon 64 atau Intel
EMT kita tidak  bisa menginstall RHEL4 menggunakan CD installation for
32bit platform, melainkan CD Installation EMT/64 bit.

however, SAN dan NAS itu beda.

regards,
-ech-
http://ech.blogspot.com