Untuk membuat proposal project it yg dimaksud tidak segampang yg kita
bayangkan. Ada beberapa hal yang harus dipahami sebagai berikut:

   1. User requirement harus ada dan detail dan yang paling penting
   business process harus ada.
   2. Pemahaman terhadap proses di manufacturing harus dikuasain dulu dan
   hal ini yang paling berat terutama masalah PPIC (Planning Purchasing
   Inventory Control).
   3. Tenaga ahli yang paham akan masalah proses manufacturing
    4. Estimasi budget yang dianggarkan.
   5. Pembuatan beberapa skenario baik untuk jaringan maupun aplikasi
   yang disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Terus kita juga harus melihat kegagalan implementasi dari ERP/MRP yang ada
sebagai referensi.

Demikianlah informasi dari saya.

M Andy Rofii
PT Invosa Systems