Ibu Hanie...

Saya tekankan TIDAK ada antivirus yang sempurna...terus terang Antivirus
Symantec yang dipakai sekolah ibu Hanie termasuk bagus jadi saran saya ga
usah diganti. Untuk virus lokal memang biasanya kalo memakai Provider
antivirus Bule (Symantec, Mc Afee, TrendMicro, eTrust Antivirus dll)
mengeluarkan update'nya sering lama tapi ampuh untuk menghapus virus
import...hehehehe...Contoh Blaster, Nachi, Sasser dan Korgo tahun
2004-2005..., virus tersebut belum sempat menyebar ke Indon Updatenya udah
tersedia.....
back to topic...
Klo komputer terinfeksi oleh virus/ trojan apapun dan antivirus belum
mendeteksi virus tersebut; kirim file virus/ atau file yang terinfeksi ke
technical support provider antivirus yang digunakan, selanjutnya mereka akan
mengeluarkan update untuk virus tersebut. Kasus: Saya menggunakan antivirus
Etrust Antivirus dan menemukan virus/ Trojan yang belum bisa di deteksi oleh
eTrust AV; kemudian saya kirim sample virus tersebut ke technical support
eTrust AV.... beberapa jam kemudian pihak eTrust AV sudah mengeluarkan
informasi seputar file yang saya kirim dan mengeluarkan update untuk
menghapus virus tersebut.
Atau Klo ga mo nunggu update bisa hapus manual virus tersebut; tapi memang
perlu keahlian khusus untuk ini...;;---

Semoga membantu,.

Salam, 354
BenQ