Bung Sartono, Bung Titah, dkk

----- Original Message -----
From: sartono mochtar [EMAIL PROTECTED]

> mas ngapain susah-susah dipindah ke CD, kenapa SUS-nya engga di
> upgrade aja ke WSUS, di settingnya dibuat approve buat update apa saja
> dan langsung ke manage ke client, ngga banyak kerja dan tenaga mas.

SUS tidak bisa di-upgrade ke WSUS. Bila kita ingin beralih ke WSUS,
paling kita hanya bisa migrasi updates dan approval-nya saja (untuk
menghemat bandwidth dan waktu). Ada 2 pilihan:
1. Pasang WSUS di PC yang sama dengan SUS
2. Pasang WSUS di PC yang lain dengan SUS

Saya lihat sih yang paling memudahkan itu pilihan 2, toh nantinya PC
SUS bisa di-down klo semua client sudah pindah ke WSUS semua.

Kita bisa mengcopykan updates+approval di SUS ke WSUS dengan utility
wsusutil.exe seperti yang saya utarakan di
http://weblogs.hianoto.net/2006/03/sus-to-wsus-migration/

Bila Anda kebetulan punya user environment yang belum
mengimplementasikan Active Directory, Anda bisa menggunakan utility
CAUS (Client Auto Update Settings) yang saya singgung di
http://weblogs.hianoto.net/2005/04/sus/. Versi terbaru adalah 0.2,
yang sudah support both SUS dan WSUS. Namun karena sedang renovasi
situs, bagi yang tertarik mendapatkan CAUS, bisa japri (baca: kirim
e-mail langsung ke saya di caus at hianoto dot net); jangan
sekali-kali kirim e-mail di milis karena bakal mengganggu rekan2 milis
dan boros bandwidth.

Semoga sukses mengimplementasikan SUS/WSUS.

Salam,
Hian