----- Original Message -----  From: "subardi2003" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, March 28, 2006 4:16 PM

Dear Subardi,

Pada posting sebelumnya saya udah kasih link buat SATA, berhubung saya belum
pernah coba maka saya rasa panduan tsb cukup ampuh, tinggal dioprek dgn
knowledge and Experience yg anda miliki.

>Spesifikasi Komputer :

>Processor AMD Athlon 64 3,0 Ghz
>Memory DDR 2 GB PC 3200 V-Gen
>Mainboard ECS RS480-M
>VGA Card Onboard Share Memory
>Harddisk SATA 1.0 Seagate 80 GB 2 buah
>Tipe RAID "³ Sil 3112A
>DVDR/W Sony Double Layer

>1. Dengan Spesifikasi tersebut diatas diinstall dengan
>menggunakan Linux AS-4 Update dua DVDR/W tidak bisa mengenali keping
>CD Linux AS-4 Update dua.

CD Linux AS-4 nya yg error ato DVDR/W nya yg error? Pastikan dulu jawabannya
:-) Karena seharusnya redhat mampu handle hal ini dan sudah mendukung 64-bit
dgn catatan anda musti kompile ulang kernelnya, bila sukses anda akan
mempunyai kernel yg mampu menangani 64 CPU dan memori sampe 1 TB.

>2. Jika Diinstall dengan menggunakan Fedora Core 4 Komputer
>bisa jalan tapi tidak maksimal, terjadi hal seperti berikut :
>"Ï Komputer bisa di shutdown tetapi ketika computer di hidupkan
>computer tidak mau UP, jadi tombol ON/OFF Power Supply harus di OFF
>kan dulu baru, kemudian di ON kan baru computer bisa dihidupkan.
>"Ï Komputer tidak bisa di restart.

Bila dilihat spec-nya sepertinya anda pake large machine, 64-bit, pantas aja
FC4 anda terseok-seok karena FC4 adalah turunan redhat yg saya belum tau apa
mampu seperti induknya?

>Jika installasi dengan menggunakan CDROM biasa dan fasilitas RAID di
>BIOS sudah diaktifkan timbul error seperti berikut :
>¡§PCI Cannot allocate resource region 307 device 0000:00:00.0¡¨
>Waktu linux mulai booting.

Maksudnya CD Linux-AS nya di Boot pake CDROM ? Jelaslah komposisi DVD dan CD
jelas beda om ato emang CD Linux-AS nya yg direcord dlm kepingan CD biasa?
Maaf saya gak nangkap :-P

>¡§error saat Starting system dan bootnya lama sekali sampai muncul
>tulisan sebagai berikut : ¡§ata3:command 0x35 timeout, stat 0x50
>host_start 0x64¡¨

Nah yg ini om yg perlu anda pelajari di link yg saya posting sebelumnya

>Jika installasi tanpa mengaktifkan RAID, Jadi SATA berfungsi seperti
>IDE biasa juga timbul error seperti ¡§
>¡§PCI Cannot allocate resource region 307 device 0000:00:00.0¡¨
>Waktu linux mulai booting dan bootnya lama tidak muncul ¡V muncul

Wah ini sih kacau dong, mana mungkin SATA=IDE ?

>Jika installasi tanpa menggunakan SATA tapi menggunakan harddisk IDE
>biasa installasi ok dan linux berjalan normal tapi waktu boot masih
>timbul error seperti berikut ¡§PCI Cannot allocate resource region
>307 device 0000:00:00.0¡¨.

Nah ini kaitan dgn kernel Linux yg belum dikompile ulang jadi gak support
64-bit

>Kira - kira apa nya ya yang bermasalah

Begitu kira2 pandangan sekilas saya dgn mesin+OS anda, saya belum bisa
pastikan karna sesuatu hal yg seharusnya secara basic harus anda ketahui
tapi mungkin anda sendiri belum ketahui. Atau bisa jadi karna saya yg gak
nangkap maksud anda :-) saya mohon maaf. Moga2 dapat membantu,

CMIIW

Wassalam

IT Freelancer On-Line
YM! : Big_Hunter_CMI