Kalo menggunakan WEP/WPA kan semua user menggunakan key yang sama. padahal
saya kepinginnya punya database user  sendiri, jadi user login dengan
password & user namenya sendiri.

kalo dari segi AP / wireless router itu sendiri ada gak yang sudah build-in
user database kayak gituan ada gak????

On 4/14/06, xneakers <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> musti
> Wireless (
> mendukung
>
> ===== Itu dual hal yang berbeda Pak IMHO.
>
> Wireless itu menggantikan kabel, dan wireless bisa pake proxy.
>
> Solusinya, aktifkan WEP/WPA, jadi user tidak bisa login kalo ga tau
> passphrase-nya. Jeleknya, ga bisa zero config.

Atau pake sistem billing, jadi tiap kali user konek akan di-redirect
> ke web khusus untuk login (username dan pass bisa digenerate oleh
> billing sistem atau ditentukan sebelumnya). Biasanya, Anda juga bisa
> tentukan walled garden-nya.
>
> Alternatif lain lagi adalah dengan melimit MAC Address. Feature ini
> umum di router wireless. Jadi hanya user yang punya MAC Address ttt
> yang bisa konek (or bisa juga nge-ban MAC tertentu). Tapi MAC kan bisa
> di-spoof ya hehee.. jadi cara ini kurang disarankan.

Cara di atas hanya untuk membatasi user yang bisa login ke jaringan...