--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Arvin W. A" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> To All,
>
> Saya minta saran dari rekan rekan, saya sedang mencari solusi untuk
> komunikasi data dari daerah kualitas jaringan telpon dari telkom saja
> sangat jelek. Untuk dial ke telkomnet sangat susah, dan di daerah
tsb blm
> ada provider apapun.
>
> Kebutuhannya hanya untuk bisa ngirim email. Apakah harus
berlangganan vsat
> hanya untuk kirim dan terima email ?

mau tidak mau memang harus memakai satellite. Tapi satellite sendiri
kan bisa bermacam akses.
Yang saya tahu untuk Indonesia :
a. VSAT dari CSM dan LA, ini otomatis modalnya besar dan peralatan
cukup besar juga
b. Inmarsat data, ini saya pakai ketika sedang mobile di hutan.
Menarik karena kecil dn cepat 64 Kbps, tapi tidak murah ongkosnya
c. Byru dari PSN, cuman setahu saya cuman 9600 bps yah?