--- In ITCENTER@yahoogroups.com, -Cygnus- <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak, saya penasaran, itu ada dimanual halaman berapa yah? Soalnya saya
> baca manual yg first edition, disitu nggak ada disinggung2 soal
> different RAID pd 1 Array. Dari hal. 47-49 sih ada contoh pembuatan
> multiple LD, 1 LD dengan RAID 0 (Array A), 2 LD dengan RAID 1+0 (Array
> B), tapi, ya itu, bisa 2 LD tapi tetep dengan mode RAID yg sama dalam 1
> Array.

Coba anda lihat di halaman 28 dan 29 (halaman PDF yah, bukan paper)
Anda bisa lihat di screenshot Paralel SCSI Array B punya 3 LD :
a. LD2 RAID 5
b. LD3 RAID 0
c. LD4 RAID 6/ADG

Juga di bagian halaman 25, di situ ditulis Migrate A Logical Drive,
jadi lihat "A"-nya. Implicitly dia bisa merubah RAID level ANY Logical
Drive individually, tanpa kudu melihat yang lain pakai RAID level apapun.

Nah itulah interpretasi saya. Tapi sekali lagi, ini cuman teori saja
yah, lha ndhak punya mesinnya buat dicobain nih :D

> Kalo saya quote email anda :
>
> "Gak bisa multiple
> Logica Drives, tapi masing masing Logical Drives punya RAID system
> sendiri?
> Jadi misalkan anda punya total 4 disks, dibuat LD yg 20% dari 4 disk
> itu  untuk RAID 1+0, sedangkan 80% dari disk tersebut RAID 5. Bisa
> begitu tidak?"
>

> Penangkapan  saya, maksud anda adl untuk membuat 2 LD dgn RAID yg
> berbeda dalam 1 Array, benar begitu?

Betul, itu maksud saya. Jadi untuk fast access seperti /var dan swap,
pakai RAID 1. Untuk yang datanya besar dan space saver seperti /home,
pakai RAID 5.

What do you think?