Hi Anton,

Untuk saat ini, mungkin lebih baik dipertimbangkan untuk migrasi ke Exchange
Server 2003.
Kelebihannya? Mulai dari integrasi dengan Active Directory...sampai OWA
(Outlook Web Access) yg menyerupai Outlook 2003.

Berhubung NT 4.0 belum memperkenalkan konsep "Directory Service", maka
Exchange 5.5 memiliki engine directory service sendiri. Apabila di tempat
kamu sudah menggunakan Active Directory--baru ada sejak Windows 2000, maka
Exchange 5.5 akan diatur untuk melakukan sinkronisasi menggunakan ADC
(Active Directory Connector). Di Exchange 2000 ke atas, Directory Service
akan diintegrasikan dengan Active Directory...yg dapat kita anggap sebagai
pusat penyimpanan dan kontrol dari seluruh sumber daya yg ada di jaringan
(user, komputer, dan lainnya). Hal ini tentunya baru bisa dianggap sebagai
"manfaat" apabila di tempat kamu NT4 domain sudah digantikan dengan Active
Directory...artinya sudah tidak ada lagi resiko kegagalan dalam proses
sinkronisasi data antara directory service milik Exchange 5.5 dengan Active
Directory.

Server yg di-install Exchange Server 2003 juga bisa melayani lebih banyak
client, karena sudah ada tipe koneksi baru dari Outlook 2003--yaitu
cached-exchange mode. Berbeda dengan tipe koneksi MAPI standar, dimana
client akan "memantengi" server terus menerus...cached mode ini bekerja
dalam interval tertentu. Mailbox bisa di-cache secara lokal dalam file OST,
sehingga user bisa tetap bekerja (menulis email baru...melihat2x email yg
sudah ada) walau tidak terhubung dengan server, dan email pun masih
tersimpan di server.

Kemudian...menggunakan RPC over HTTP, akses ke Exchange Server 2003 bisa
dilakukan menggunakan protokol HTTP (tentunya menggunakan Outlook 2003),
sehingga server tetap bisa diakses dari luar jaringan tanpa perlu
menggunakan VPN. Cukup publish service ini di firewall menggunakan port
80/443 saja.

Kalau di Exchange 5.5 sudah ada OWA (Outlook Web Access), maka di Exchange
Server 2003 OWA-nya telah mengalami banyak penyempurnaan--salah satunya
adalah tampilan yg menyerupai Outlook 2003 dan dilengkapi dengan fitur spell
checker.
Exchange Server 2003 juga bisa diakses menggunakan WAP melalui fitur OMA
(Outlook Mobile Access). Sedangkan untuk mobile device berbasis Windows
Mobile 2003/5.0, Exchange Server 2003 bisa diakses menggunakan ActiveSync
dan yg terbaru adalah Direct Push--email yg kerjanya bagaikan SMS...langsung
diterima oleh user tanpa perlu melakukan send/receive).

Di Exchange Server 2003, SMTP-nya engine-nya memiliki banyak sekali setting
yg bisa kita atur untuk mengamankan komponen SMTP server. Mulai dari sender
filtering, connection filtering, dan sebagainya. Kita bisa atur SMTP engine
untuk bekerja sama dengan spam database server, sehingga bisa mengecek
apakah email yg dicoba untuk dikirimkan ke server kita adalah spam atau
bukan.

Wah...masih banyak lagi yg bisa dibandingkan antara Exchange 5.5 dengan
Exchange Server 2003.
Saya bisa bantu dapatkan materi untuk mengetahui cara migrasi dari Exchange
5.5 ke Exchange Server 2003.

Apabila ingin berdiskusi lebih lanjut seputar teknologi Windows Server
System, saya undang kamu untuk bergabung di milis *WSS-**ID*.
Cukup kirimkan email kosong ke [EMAIL PROTECTED]
Archive milis ada di http://wss-id.netindonesia.net

Best regards,

/s/ Agus Rachman
*WSS-ID*:Coordinator